script src='http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1'/>

Makalah Lempar Lembing






BAB I
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG

Lempar lembing merupakan suatu aktivitas yang menuntut kecekatan dan kekuatan dalam melempar. Medianya berupa lembing, yaitu sejenis tombak, tapi lebih ringan dan kecil. Awal mulanya, lempar lembing lebih identik dengan aktivitas berburu nenek moyang manusia. Sebagaimana olahraga atletik lainnya, lempar lembing diadopsi dari kebiasaan kaum laki-laki pada zaman tersebut. Aktivitas ini baru berkembang menjadi suatu olahraga ketika umat manusia memasuki masa bercocok tanam dan beternak, meninggalkan masa nomaden yang lebih kental dengan aktivitas berburunya. Manusia mulai menetap dengan membangun perkampungan atau perkotaan.
Perubahan gaya hidup pun terjadi. Salah satunya adalah aktivitas fisik seperti melempar lembing tak lagi digunakan untuk berburu. Aktivitas itu dialihkan menjadi suatu olahraga yang dipertandingkan. Unsur untuk memperoleh makanan (berburu) berubah menjadi upaya pemenuhan akan hiburan dan prestasi. Walaupun belum ditemukan catatan sejarah yang otentik mengenai lempar lembing, tapi sebagian ahli meyakini olahraga ini telah berkembang sejak zaman Yunani Klasik. Saat itu, lempar lembing termasuk olahraga populer. Tak kalah dengan olahraga jenis atletik lainnya, seperti lari, lompat, dan lempar cakram.

B. TUJUAN

  1. Mengetahui pengertian lempar lembing
  2. Mengetahui persyaratan yang syah pada olah raga lempar lembing
  3. Mengetahui teknik bermain lempar lembing

C. METODE PENULISAN
Metode yang di gunakan dalam pembuatan makalah ini adalah dengan cara browsing atau mencari dari internet sebagai bahan dari pembuatan makalah ini.




BAB II
PEMBAHASAN


A. PENGERTIAN LEMPAR LEMBING


B. PERSYARATAN SUATU LEMPARAN YANG SYAH

C. TEKNIK-TEKNIK DALAM LEMPAR LEMBING




BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN

Di dalam gerakan lempar lembing banyak sekali melibatkan bagian-bagian tubuh bagian atas dan bawah mulai dari otot, sendi, sumbu dan bidang. Hasil dari kombinasi yang lengkap dari bagian-bagian tubuh tersebut menghasilkan suatu gerakan lempar lembing yang baik.

B. SARAN

Sebagai calon guru olahraga, dengan mengetahui analisis gerak lempar lembing mulai dari gerakannya itu sendiri, sendi yang berperan, bidang dan sumbu yang terkait, serta otot-otot yang digunakan, diharapkan dapat menjadi suatu pegangan dalam membelajarkan anak didiknya kelak.



Silahkan download untuk mendapatkan makalah Lempar Lembing ini secara full dan GRATIS





Password : abisefer

4.5
Comments
2 Comments

2 komentar on Makalah Lempar Lembing :

RISMAN RISAL STAIN KENDARI said... on March 28, 2012 at 6:52:00 AM PDT

teerima kasih pada anda yang menulis makalah ini samapi makalah ini di tangan kami!!!

Abisefer said... on May 6, 2012 at 6:52:00 AM PDT

Sama sama gan, semoga makalahnya bermanfaat :)
Terimakasih kunjungannya

Post a Comment

Teriakasih sudah memberikan komentar yang baik di blog ini.
Jangan lupa berkunjung kembali dan tinggalkan komentarnya lagi ya !!!!