perlengkapan dapur

Monday, March 12, 2012

Sayuran Untuk Kulit Sehat

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Keindahan tubuh dan kecantikan merupakan dambaan bagi kita semua, terutama bagi perempuan atau kaum hawa. Dan kita pasti tidak ingin kehilangannya, sehingga kita tetap merawatnya dengan apapun caranya. Tetapi perlu kita ketahui bahwa dalam merawat dan mempertahankan keindahan tubuh kita, tidak selalu menggunakan perawatan dan kosmetik yang mahal. Yang terpenting bagi kita adalah kita mampu mengatur kebiasaan dan pola hidup kita. Banyak sumber sayuran yang dapat kita konsumsi untuk merawat dan menjaga kulit kita.
1.2 Masalah dan Rumusan Masalah
1.2.1 Masalah
Sebenarnya apabila kita mau merawat kulit agar terjaga kesehatannya, baiknya kita membiasakan diri dengan terus mengkonsumsi sayuran yang cukup. Dibandingkan dengan menggunakan kosmetik ataupun perawatan yang mahal. Karena belum tentu semua itu berhasil optimal pada kulit kita. Ada saja kemungkinan gagal dan berimbas buruk pada kulit.

1.2.2 Rumusan Masalah
  • Mengapa perlu merawat kulit wajah?
  • Apa saja jenis sayuran yang baik untuk kulit?


1.3 Tujuan Penulisan
  • Mengetahui pentingnya merawat kulit dengan sayuran.
  • Mengetahui jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi terutama bagi kulit.


1.4 Manfaat
  • Penulis dan pembaca mengetahui tips perawatan kulit dengan mengkonsumsi sayuran.
  • Penulis dapat memenuhi salah satu syarat penilaian mata kuliah tertentu.



BAB II
Kulit dan Sayuran

2.1 Kulit
2.1.1 Pengertian Kulit
Kulit adalah organ tubuh yang paling besar dan paling kelihatan. Organ ini mempunyai beberapa fungsi penting, antara lain melindungi organ-organ dalam dan mengatur suhu tubuh. Kulit juga berperan sebagai indikator yang menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi tubuh anda berjalan. Karena merupakan organ tubuh yang paling kelihatan, kulit merupakan indikator yang paling jelas mengenai kesehatan dan kesejahteraan anda. Kulit yang bercahaya dan berseri-seri membuat kita merasa cantik dan percaya diri. Organ ini pantas mendapat perhatian khusus. Sangat penting untuk menjaga dan melindunginya disepanjang fase-fase dalam kehidupan kita.

2.1.2 Ciri Kulit
Ketebalan kulit berkisar antara 1,5-4 milimeter, bergantung pada tempatnya dibagian tubuh kita. Keseluruhan permukaan kulit sensitif terhadap panas, cahaya dan sentuhan. Lapisan yang lebih dalam berisi ujung-ujung saraf dan pembuluh-pembuluh darah.
Kulit yang sehat merupakan bagian yang sangat penting dari kesehatan dan kecantikan alami kita. Kulit yang indah merupakan cerminan kesehatan tubuh bagian dalam dan kulit merupakan organ tubuh yang paling kelihatan serta mempunyai fungsi yang sangat penting maka kita harus menjaganya dengan sebaik-baiknya.

2.1.3 Jenis Kulit
  • Kulit normal, kulit ini ciri-cirinya pori-pori tidak terlihat, tampak cerah dan segar. Kulit ini sangat mudah merawatnya dan tidak perlu menggunakan banyak kosmetik.
  • Kulit kering, kulit ini ciri-cirinya tipis, pori-pori tidak terlihat, tampak suram dan kusam. Kelenjar minyak kurang bekerja maksimal karenanya cenderung suka keriput.
  • Kulit berminyak, kulit ini ciri-cirinya tebal, pori-pori terbuka basah, mengkilat dan terasa lengket, memproduksi minyak berlebih sehingga mudah kotor dan berjerawat.
  • Kulit sensitif, cir-cirinya kasar, berwarna merah, tidak tahan dengan alat kosmetik tertentu, serta terasa panas dan gatal-gatal

2.2 Sayuran
Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Sebutan untuk beraneka jenis sayuran disebut sebagai sayur-sayuran atau sayur-mayur. Sejumlah sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak sebelumnya, sementara yang lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus atau diuapkan, digoreng (agak jarang), atau disangrai. Sayuran berbentuk daun yang dimakan mentah disebut sebagai lalapan.
Secara Etimologi, sayuran merupakan bentuk turunan dari kata "sayur", komponen pendamping nasi (atau pangan pokok lainnya) yang berkuah cair atau agak kental. "Sayuran" adalah segala sesuatu yang berasal dari tumbuhan (termasuk jamur) yang ikut dimasak bersama sayur tersebut; dengan pengungkapan lain: segala sesuatu yang dapat atau layak disayur. Apabila dimakan secara segar bagian tumbuhan itu biasanya disebut lalapan.
Istilah "sayuran" tidak bersifat ilmiah. Kebanyakan sayuran adalah bagian vegetatif dari tumbuhan, terutama daun (juga beserta tangkainya). Beberapa sayuran adalah bagian tumbuhan yang tertutup tanah, seperti wortel, kentang, dan lobak. Terdapat pula sayuran yang berasal dari organ generatif, seperti bunga (misalnya kecombrang dan turi), buah (misalnya terong dan kapri), dan biji (misalnya buncis dan kacang merah). Bagian tumbuhan lainnya yang juga dianggap sayuran adalah tongkol jagung. Meskipun bukan tumbuhan, bagian jamur yang dapat dimakan juga digolongkan sebagai sayuran.
Walaupun berkadar air tinggi, buah-buahan tidak dianggap sayur-sayuran karena biasanya dikonsumsi karena rasanya yang manis dan tidak cocok untuk disayur. Beberapa sayuran dapat pula menjadi bagian dari sumber pengobatan, bumbu masak, atau rempah-rempah.


BAB III
Perawatan Kulit Wajah Dengan Mengkonsumsi Sayuran


3.1 Pentingnya Perawatan Kulit
Banyak perempuan menyepelekan perawatan kulit wajah, akibatnya banyak wanita pada usia dini sudah mengalami masalah pada kulit wajah seperti berjerawat, flek hitam, keriput dan pori-pori membesar. Kurangnya pengetahuan mengenai perawatan wajah yang benar membuat banyak wanita remaja maupun dewasa mengalami masalah serius pada kulit terutama bagian wajah.
Terbatasnya waktu dan lamanya proses perawatan wajah sering membuat orang malas melakukan perawatan, padahal jika kebutuhan kulit sudah terpenuhi tidak akan ada masalah lagi pada wajah. Bagian yang paling sering bersentuhan dengan sesuatu adalah kulit, padahal partikel jahat, polusi, bakteri dan lain sebagainya dapat dengan mudah menularkan bakteri..
Intensitas matahari pada daerah tropis seperti Indonesia juga dapat menyebabkan kulit lebih cepat menghitam dan menimbulkan flek hitam. Kondisi udara tak menentu dan aktivitas padat, dan sering gonta-ganti produk memicu stress pada kulit. Kulit membutuhkan nutrisi dan perawatan secara baik untuk menunjang kehidupan supaya lebih percaya diri.

3.2 Jenis-jenis Sayur Untuk Kulit
Mungkin Anda sudah sering membaca bahwa beberapa jenis buah dan sayuran sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi kesegaran kulit wajah kita. Tidak heran jika banyak masker yang umumnya dibuat dari buah-buahan lokal maupun buah yang berasal dari luar negeri. Tidak hanya buah, ternyata beberapa makanan lainnyapun baik bagi kesegaran kulit muka. Selain dimakan, dapat pula sebagai masker.
Beberapa sayuran yang patut anda perhatikan dan gunakan:
  • Wortel, sayuran berwarna merah keorange-an ini merupakan sumber betakaroten serta vitamin C dan E yang sangat diperlukan kulit. Sebaiknya Anda sering mengkonsumsi wortel ini.
  • Mentimun, buah ini sangat menyegarkan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sapukan seiris mentimun pada kulit wajah yang telah dibersihkan. Karena itu banyak toner yang menggunakan ekstrak mentimun.
  • Lidah buaya, daun lidah buaya ini sangat baik untuk melembabkan kulit wajah. Selain itu dapat menyembuhkan kulit yang terbakar dan gatal-gatal karena iritasi. Gel yang terkandung dalam daun lidah buaya ini dapat langsung Anda gunakan.
  • Teh hijau, selain mencegah kanker, teh hijau dapat mempertahankan kehalusan kulit dan melindunginya dari sinar UV yang berbahaya.
  • Lobak Putih, dianggap baik untuk organ-organ vital dan memuluskan kulit. Mengandung vitamin C yang kaya, vitamin yang satu ini dikenal sebagai anti oksidan dan selain itu menghambat senyawa melamin mencegah oksidan lemak dan mencegah sedimen lemak.
  • Kacang polong, kaya dengan vitamin A yang memberi efek menghaluskan kulit.
  • Ubi jalar, mengandung protein pekat dalam jumlah besar. Selain itu, ubi jalar menyimpan banyak vitamin C dan A. menikmati ubi jalar diyakini dapat mengikis lemak di bawah kulit, menurunkan kadar kolesterol dan menambah energi.
  • Jamur, tumbuhan yang berkembang biak dengan spora ini, kaya akan gizi, protein dan vitamin. Mengkonsumsi jamur dapat membuat kulit cemerlang dan mencegah penuaan dini.







BAB IV
Kesimpulan dan Saran

4.1 Simpulan
Dengan demikian perawatan kulit dengan mengkonsumsi sayuran sangat penting, bermanfaat dan sehat bagi kulit maupun tubuh.

4.2 Saran
Jangan pernah menyepelekan permasalahan yang terjadi pada kulit kita, khususnya bagi kaum hawa. Karena pada dasarnya kulitpun termasuk pada mahkota wanita yang perlu diperhatikan dan menjadi pusat perhatian orang lain. Gunakan sayuran sebagai media alami dalam merawat kulit.

2 comments:

  1. Sama - sama gan, semoga bermanfaat artikelnya ya :)
    Terimakasih sudah berkunjung gan.

    ReplyDelete

Teriakasih sudah memberikan komentar yang baik di blog ini.
Jangan lupa berkunjung kembali dan tinggalkan komentarnya lagi ya !!!!