perlengkapan dapur

Thursday, November 29, 2012

Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli


Masih ingat sobat pada postingan sebelumnya ? ? ?
He…..
Sebelumnya saya membahas Definisi Pendidikan Menurut Undang – Undang dan GBHN dan sebelumnya lagi yaitu Definisi Pendidikan Menurut Kamus dan Ensiklopedi dan pada postingan kali ini sesuai dengan yang dijanjikan pada postingan sebelumnya yaitu Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli.

Definisi pendidikan adalah berbagai upaya dan usaha yang dilakukan orang dewasa untuk mendidik nalar peserta didk dan mengatur morak mereka. (Warta Politeknik Negeri Jakarta, April 2007)

Definisi pendidikan adalah berbagai upaya dan usaha yang dilakukan orang dewasa untuk mendidik nalar peserta didk dan mengatur morak mereka. (Warta Politeknik Negeri Jakarta, April 2007)

1.             Langefeld
Mendidik adalah membimbing anak dalam mencapai kedewasaan.

2.             Heageveld
Mendidik adalah membantu anak dalam mencapai kedewasaan.

3.             Ki Hajar Dewantara
Pendidik adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.

4.             Bojonegoro
Mendidik adalah memberi tuntunan kepada manusia yang belum dewasa dalam pertumbuhan dan perkembangannya sampai tercapai kedewasaan.

5.             Rosseau
 Mendidik adalah meberikan pembekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, tapi dibutuhkan pada masa dewasa.

6.             Darmaningtyas
Pendidikan adalah usaha dasar dan sistematis untuk mencapai taraf kehidupan kemajuan yang lebih baik.

7.             Paulo Freire
Pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa dimana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, yang melaui praksis mengubah keadaan itu. Tahap kedua  dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses  tindakan kultural yang membebaskan.

8.             John Dewey
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan. Untuk menghasilkan kesinambungan sosial, proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.

9.             H. Horne
Pendidikan adalah proes yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, dan bebas dan sadar kapada tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional, dan kemanusiaan dari manusia.

10.         Federick J. Mc Donald
Pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk merunah tabiat.

11.         Ahmad D. Marimba
Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
           
12.         Djayakarta
Pendidikan adalah memanusiakan manusia muda, maksudnya pengangkatan manusia muda ke tahap insani. Inilah yang menjelma dalam semua  perbuatan mendidik.

13.         Sir Godfrey Thomson
Pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan-perubahn yang permanen di dalam kebiasaan – kebiasaan tingkah laku, pikiran, dan sifatnya.



Mudah – Mudahan Postingan ini bermanfaat untuk bahan sekolah sobat atau menambah pengetahuan sobat Planet Abisefer, jangan lupa di baca lagi pada postingan sebelumnya yaitu Definisi Pendidikan Menurut Kamus danEnsiklopedi dan Definisi Pendidikan Menurut Undang – Undang dan GBHN.

1 comment:

Teriakasih sudah memberikan komentar yang baik di blog ini.
Jangan lupa berkunjung kembali dan tinggalkan komentarnya lagi ya !!!!