perlengkapan dapur

Tuesday, January 1, 2013

Tips Memulai Bisnis

 Tips Memulai Bisnis



Assalamualaikum...

Tips Memulai Bisnis

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tips untuk anda yang mau terjun di dunia bisnis. perkembangan bisnis pada tahun ke tahunnya sangat menunjukan angka yang tinggi dan ternyata lebih banyak orang yang berbisnis daripada orang yang bekerja maksudnya bekerja disni adalah bekerja diperusahaan lain. Loh kenapa saya bisa menyimpulkan lebih banyak yang berbisnis daripada dia yang bekerja ? Bisa sobat lihat orang yang bekerja hanya untuk mereka yang sudah lulus sekolah SMA atau perguruan tinggi tapi apa juga buktinya pengangguran masih menduduki angka tertigi di Indonesia. jangankan yang hanya lulusan SMA saja lulusan perguruan tinggi saja masih banyak yang menganggur (belum bekerja). Lalu bagaimana orang yang berbisnis ? Tidak hanya yang mereka yang sudah menyelesaikan sekolah tapi yang masih sekolah saja sekarang banyak yang berbisnis bahkan di tempat saya ada loh korban dari yang mengatasnamakan bisnis, bisnis kaya gimana coba ? itu loh bisnis yang tidak menjual product yang hanya merekrut orang dan kita akan mendapatkan bagian dari hasil rekrutan itu. Mungkin sobat sudah pernah mendengarnya kan ? Kejadian ini terjadi pada anak SMP dengan diiming imingi akan mendapatkan uang yang besar dan hasilnya ? NOL BESAR. Lain dengan anak SMA yang bergabung bersama kami pada sebelum puasa dan mereka menjual product kepada temannya dan alhamdullilah bisa menambah uang saku, hehe.....

Memulai Bisnis

Kesimpulannya angka orang berbisnis itu lebih besar daripada orang yang bekerja, dan itu menurut Planet Abisefer dan menurut anda silahkan saja disimpulkan sendiri, boleh sama dan boleh berbeda yang penting tujuannya sama.

Bisnis

Lalu bagaimana tips sebelum memulai bisnis ?
Baiklah bisa sobat perhatikan dibawah ini ya dan jangan berhenti dulu membacanya.

Tips Pertama
Ada pasar untuk menjual product yang akan kita pasarkan, lihat apa yang sedang masyarakat sukai sekarang dan bagaimana respon masyarakat dengan product yang akan kita pasarkan jika hasilnya positif maka product siap di pasarkan dan jika negatif maka akan ada waktu untuk mencapai kesuksesan. Intinya respon masyarakat bagus maka itu peluang bagus untuk kita dan jika biasa saja maka untuk mencapai kesuksesan akan terasa berat dan waktunya akan lebih lama.

Tips Kedua
Setelah kita menentukan target pasar maka langkah kedua ini adalah menciptakan product yang menurut pasar responnya bagus, meskipun masyarakat membutuhkan banyak uang tapi ingat angan sampai kita menual uang karena nantinya akan disebut "rentenir" hhehe...

Tips Ketiga
Setelah kita menentukan pasar dan menciptakan product yang kita pasarkan maka janganlah langsung memasarkan product kita meskipun banyak permintaan pelanggan yang akan mengambil product dari kita tapi ciptakanlah terlebih dahulu managemen yang kuat. Jika product yang anda pasarkan benar - benar laku dipasaran dan hasilnya juga diluar dari apa yang kita pikirkan maka akan sia - sia jika bisnis kita tanpa adanya managemen yang kuat.

Tips Keempat
Pada tips selanjutnya ini adalah sebuah strategi, kita akan sia - sia juga jika kita berbisnis tanpa strategi karena bisnis tanpa strategi itu tidak jauh dengan orang yang berjualan di pasar atau membuka toko dirumahnya, mereka hanya menunggu konsumen datang tanpa menjemput atau mengajak konsumen untuk membeli product ditempatnya. Ingat dunia bisnis itu cukup kejam karena tidak akan memandang pangkat, jabatan, sikaya dan simiskin disini semuanya dianggap sama. Misalnya product A dijual dengan harga Rp. 50.000 maka semua orang membelinya sebesar Rp. 50.000 tidak dikurangi atau diberikan penawaran untuk orang menengah kebawah dan harganya juga tidak dinaikan untuk menengah keatas beda lagi jualan di pasar, dengan menawarkan Rp.70.000 ketika ada tawar menawar eh malah diberikan dengan harga Rp. 35.000 dengan perasaan kasihan mungkin ya dan saya yakin jika kita berpenampilan menengah keatas maka harganya juga akan tinggi. Sudah jelas beda kan sobat ? Kembali pada strategi.
Semua orang yang berjalan didunia bisnis melakukan strategi dan jika anda tidak menggunakan strategi maka anda akan dilempar jauh dari dunia bisnis alias gulung tikar.

Tips Kelima
Pada tips kelima ini adalah tips terakhir yang akan saya berikan meskipun masih banyak tips lainnya tapi saya rasa lima tips juga sudah cukup mewakili hal penting sebelum memulai bisnis dan untuk tips lainnya insya allah akan saya share pada postingan selanjutnya. Lalu apa tips kelima ? tips kelima ini adalah :
bersyukur kepada maha kuasa, shodakoh (berbagi dengan yang membutuhkan), tidak sombong jika sudah berhasil, dan berhajilah jika anda merasa sudah mampu untuk menunaikan haji karena akan percuma kita bersenang senang dengan apa yang kita dapatkan tapi rukun iman tidak kita laksanakan.

Terimakasih sudah berkunjung di blog Planet Abisefer dan semoga artikel ini bermanfaat, jangan bosan bosan untuk berkunjung lagi ya dan berikan kritik sarannya serta masukan pada kotak komentar yang sudah disediakan dibawah.

Jangan lupa baca juga postingan sebelumnya yang berjudul Rahasiah Bisnis Tanpa Modal dan Definisi Sukses.



4.5

No comments:

Post a Comment

Teriakasih sudah memberikan komentar yang baik di blog ini.
Jangan lupa berkunjung kembali dan tinggalkan komentarnya lagi ya !!!!