perlengkapan dapur

Tuesday, June 12, 2012

Pengertian Mastitis



     Mastitis adalah suatu peradangan  pada payudaradisebabkan oleh kuman, terutama stapilococcus aureus  melalui luka pada putting susu atau melalui peredaran darah. Berdasarkan lokasinya masitis terbagi atas yang berada dibawah areola mammae, ditengah areola mammae. Biasanya masitis yang tidak segera diobati akan menyebabkan abses payudara (Muchtar,1998).
     Masitis adalah peradangan payudara pada sebagian besar kasus, masitis disebabkan oleh statis ASI, bukan infeksi, meskipun infeksi juga bisa terjadi (Thomson et al.1984).

1. Penyebab                                                                   
     Inflamasi mungkin infektif atau noninfektif. Masitis non infektif dapat terjadi akibat duktus yang tersumbat,menyebabkan reabsorpsi air susu dari duktus ke dalam ruang interstisial dalam jaringan payudara dan respon inflamasi selanjutnya. Masitis infektif disebabkan oleh fisura puting,atau trauma lain yang menyebabkan jalan masuk ke dalam  payudara. Agen infektif yang umum adalah staphylococcus aureus.. Mastitis juga dapat di sebabkan oleh: payudara tidak disususkan secara adekuat;puting lecet sehingga mudah masuk kuman, payudara bengkak; penyangga patudara yang terlalu ketat; ibu diet yang jelek, kurang istirahatsehingga anemia yang menimbulkan infeksi.
2. Tanda dan gejala        
     persalinan Tanda tanda: rasa panas dingin disertai dengan kenaikan suhu, penderita merasa lesu, tidak nafsu maka, penyebab staphylococus aureus, mamma membesar, nyeri pada suatu tempat kulit merah, membengkak sedikit, dan nyeri pada perabaan. Adanya bengkak, rasanyeri di payudara, kemerahan pada payudara, payudara keras dan merongkol, suhu tubuh meningkat, infeksi terjadi 1-3 minggu pasca.
     Gejala mastitis non-infeksikus : ibu memperhatikan adanya bercak panas, atau area nyeri tekan yang akut; ibu dapat merasakan bercak kecil yang keras di daerah nyeri tekan tersebut; ibu tidak mengalami demam dan merasa baik baik saja
     Gejala mastitis infeksikus: ibu mengeluh lemah dan sakit pada otot seperti flu; ibu mengeluh sakit  kepala; ibu demam dengan suhu diatas 38 °C; tersdapat area luka yang terbatas atau lebih luas pada payudara; kulit pada payudara tampak kemerahan atau bercahaya (tanda-tanda akhir) kedua payudara mungkin terasa keras dan tegang pembengkakan.
3. Pencegahan
            Perawatan pada puting susu pada waktu laktasi merupakan usaha penting untuk mencegah mastitis.
4. Penanganan

                        Berikan antibiotika antara lain : kloksasilin 500mg per oral 4 kali sehari selama 10 hari; atau eritromisin 250mg per oral 3 kali sehari selama 10 hari; bantu ibu agar : tetap meneteki, bkompres dingin sebelum meneteki untuk mengurangi bengkak dan nyeri; berikan parasetamol 500 mg per oral; evaluasi 3 hari.

1 comment:

Teriakasih sudah memberikan komentar yang baik di blog ini.
Jangan lupa berkunjung kembali dan tinggalkan komentarnya lagi ya !!!!