perlengkapan dapur

Friday, December 7, 2012

Membuat Formulir Online

Assalamualaikum.....

Dalam postingan kali ini saya ada tips untuk para pengguna blogger stor atau yang berhubungan dengan online shop, sudah tidak asing lagi di tahun 2012 ini pembelanjaan dengan hanya bermodal internet cukup searching setelah menemukan tinggal pesan dan pesanan akan langsung dikirim kepada si pemesan. Hanya saja masih banyak juga masyarakat yang masih takut dengan penjualan secara online dan biasa banyak sebab juga masyarakat tidak berani membeli secara online.

Pada postingan kali ini blog Planet Abisefer akan memberikan tips untuk para admin atau pemilik blogger store, jika sobat menggunakan web yang hostingan dan domainnya berbayar mungkin sudah banyak jenis web store misalnya prestashop. Jenis web seperti itu sudah disediakan dengan lengkap dan mudah untuk melakukan order. Hanya saja pada konfirmasi transfer belum disediakan oleh prestashop modulnya yang gratisannya atau memang belum ada ? gak tau deh saya belum lama di prestashop jadi belum menguasai sepernuhnya. Hehe... Jadi disini saya memberikan tips untuk konfirmasi transfer orderan via google drive dengan memberikan sample yang telah saya buat pada web percobaan saya. Untuk para blogger juga jangan berkecil hati karena sobat juga bisa menggunakannya tidak hanya web yang berbayar. Jika sobat ingin menggunakan untuk order maka tinggal dikembangkan saja oleh sobat seperti saya mengembangkan untuk form Request Download di blog ini. Silahkan bisa sobat cek pada postingan sebelumnya yang berjudul Request Download atau dengan klik link disini.

Disini saya tidak akan menjelaskan apa itu google drive dan apa fungsi dari google drive karena pada postingan kali ini saya akan memberikan cara / langkah untuk membuat form request download yang telah ada pada blog Planet Abisefer. Jika sobat ingin membuat form pembayaran, order barang pada blog store sobat maka tinggal dikembangkan saja. Sobat penasaran silahkan langsung saja ya pada langkah - langkahnya. Lebih baik sambil membaca langkahnya sobat sambil mempraktekkannya supaya lebih mudah dan cepat.

Langkah - langkah :
1. Klik link google drive atau disini untuk menuju ke google drive.

jika sobat belum login gmail maka akan diminta login terlebih dahulu maka silahkan login saja dulu jika sobat belum punya maka silahkan daftar gmail dulu
kalau sudah login maka akan seperti gambar dibawah tampilannya


2. Klik " Buat " dan dilanjutkan dengan klik " Formulir "

lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya


3. Dengan otomatis akan muncul tab baru yang tampilannya seperti gambar dibawah


Keterangan :

  1. Isi dengan judul formulir yang akan sobat buat, misalkan sobat akan membuat formulir konfirmasi transfer silahkan tinggal sobat sesuaikan.
  2. Isi dengan dengan info dari sobat untuk orang lain yang menuju pada formulir sobat.
  3. Judul pertanyaan yang akan sobat ajukan.
  4. Isi dengan teks bantuan supaya orang lain mudah dan mengerti apa yang harus diisi.
  5. Jenis pertanyaan itu silahkan sobat pilih saja jika teks maka biarkan lah
  6. Klik selesai jika semuanya sudah diisi dan ceklis jika sobat anggap wajib diisi pada pertanyaan yang sobat ajukan.
4. Jika sobat rasa hanya dengan satu pertanyaan saja sudah cukup maka silahkan lewati saja langkah ke - 4  ini dan lanjutkan pada langkah selanjutnya (langkah 5). Jika sobat nigin mengajukan pertanyaan lain silahkan sobat klik " Tambah Item " dan tentukan jenis nya sesuai dengan yang sobat inginkan jika teks silahkan pilih teks atau lihat gambar untuk lebih jelasnya.



pada langkah ke 4 ini silahkan sobat lakukan seperti pada langkah ke 3

5. Jika sobat sudah mengajukan beberapa pertanyaan yang menurut sobat penting, maka tinggal menentukan tema yang ingin digunakan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini.


6. Pilih tema sesuai dengan keinginan sobat, silahkan lihat gambar untuk lebih jelasnya.



jika sudah menemukan yang cocok silahkan langsung di klik saja pada gambar tersebut, misalkan 


jika sudah maka klik terapkan, lihat gambar di atas di pojok kiri atasnya

7. Sobat sudah memiliki tema dan sobat juga sudah bisa dibilang selesai membuat formulir maka tinggal klik sematkan dan copy simpan di notepad emble formulir sobat.


8. Jika sudah maka langkah terakhir sobat klik " Edit Konfirmasi " dan silahkan isi sesuai pesan yang ingin kita berikan kepada orang yang mengisi formulir kita setelah klik submit.

Sampai langkah diatas saya rasa sobat sudah berhasil membuat formulir. Maka silahkan sobat masuk lagi pada drive sobat dan klik Judul yang sobat terapkan tadi seperti gambar di bawah.



setelah itu akan ada tab baru yang berisi tentang data yang masuk, tampilannya seperti gambar di bawah ini.

9. Silahkan klik Request Download atau klik disini untuk melihat hasilnya.

Bagaimana sobat form request yang telah saya buat diatas ?
Form diatas bisa sobat jadikan juga sebagai form order pesanan barang pada blog store sobat.

Nah jika sobat ingin melihat sample form transfer pembayaran orderan bisa dilihat saja dengan klik link disini.
Sepertinya postingan kali ini sudah cukup mewakili dan mudah mudahan langkah - langkahnya lengkap dan dapat dimengerti, tidak lupa juga semoga bermanfaat ya sobat.


4.5

6 comments:

Teriakasih sudah memberikan komentar yang baik di blog ini.
Jangan lupa berkunjung kembali dan tinggalkan komentarnya lagi ya !!!!