perlengkapan dapur

Friday, January 25, 2013

Waspada Online Shop Di Facebook

Assalamualaikum... Wr... Wb...

Waspada Online Shop Di Facebook
Artikel kali ini saya akan membahas sekaligus memberikan tips untuk lebih waspada dengan online shop yang sedang marak - maraknya di facebook. Baru - baru kali ini rekan saya menjadi korban akibat dari berbelanja di facebook. Kronologisnya rekan saya sedang membutuhkan sebuah kamera baru untuk dipergunakan sehari - hari dan kebetulan rekan saya ini seorang jurnalis. Salah satu dari media cetak kabar priangan kabupaten sumedang. Awalnya rekan saya ini searching di facebook dan menemukan apa yang sedang dibutuhkannya dengan harga yang cukup miring dan berbeda dari yang lainnya, padahal perbedaan harga tersebut tidak begitu jauh yakni hanya Rp. 300.000 saja lebih murah dari yang lainnya. Bermula dengan mengirim sms untuk melakukan order terhadap product yang diinginkan dan mendapatkan balasan bahwa orderan diterima. Selang satu minggu setelah melakukan order via sms rekan saya menerima telphone dari pemilik shop untuk segera mentransfer sejuamlah uang yang telah disepakati yaitu sebesar Rp. 2.000.000. Padahal rekan saya ini sedang banyak kerjaan dan alasan tidak melakukan transfer selama satu minggu ini dikarenakan disbukkan oleh pekerjaannya. Tapi setelah menerima telphone dari orang tersebut rekan saya langsung saja pergi ke bank dan segera mentransfer uang yang telah disepakati. Tetapi malang nasibnya setelah mentransfer uang dan meminta no resi bukti pengiriman barang yang sudah di order tidak ada konfirmasi sampai sekarang. Uang tidak ada dan barang yang sudah dipesan pun tidak kunjung datang.

Dalam kejadian ini Planet Abisefer memberikan sebuah pengalaman yang harus sobat waspadaiuntuk berbelanja di facebook, bukan maksud saya untuk menakut nakuti tetapi hanya sekedar untuk berjaga - jaga saja seperti pribahasa " sedia payung sebelum hujan ". Kalau saya menyarankan untuk tidak berbelanja online di facebook itu sama saja mematikan bisnis online yang selama ini saya jalankan di facebook dan website saya yang sedang berkembang sekarang donk, hehehe....

Alhamdullilah meskipun saya membuat sebuah pondasi dari facebook dan sampai adanya website untuk memudahkan pelanggan saya untuk berbelanja tetapi saya tidak takut dengan banyaknya kejadian - kejadian penipuan karena saya membangun bisnis online ini penuh dengan kerja keras dan sudah banyak keringat yang dikeluarkan yang seperti saya bilang bisnis yang saya jalankan ini bermula dengan modal Rp. 0. Bahkan saat itu saya sedang banyak hutang tetapi alhamdullilah semua sudah terlunasi meskipun menambah beban lagi. hhehehe...

Loh ko jadi malah curhat ya sob ? hehhe
Lanjut ya pada postingannya.
Sengaja saya buat postingan seperti ini karena saya tidak mau sobat yang mempunyai sifat teledor dalam hidupnya mudah - mudahan dengan postingan ini sobat menjadi lebih hati - hati lagi untuk memilik online shop yang sudah ada. Berikut dibawah ini saya akan berikan tips berbelanja dengan aman dan alasan kenapa penipuan tersebar di facebook.

Tips sebelum berbelanja online :
  1. Lihat alamat shopnya apakah nyata atau tidak ? Dan biasanya online shop yang yang berniat untuk menipu ada sedikit kejanggalan. Dilihat dari alamat yang tertera dan cabang bank yang di gunakan tiak sesuai dengan alamat yang tertera. Misalnya alamat shop di Batam tetapi banknya cabang jawa tengah.
  2. Apakah memilki website atau tidak, jika tidak bisa perhatikan pada point selanjutnya.
  3. Ramai tidak nya online tersebut, jika pada suatu fanpage atau grup nya ramai oleh orang yang melakukan banyak pesanan atau menanyakan productnya maka online shop tersebut sedikit bisa dipercaya. Jika sepi - sepi saja yang ada hanya aktifitas admin nya upload productnya secara berulang dan melakukan update status yang berulang maka perlu dicurigai.
  4. Jika fanpage tersebut sepi coba tanyakan apakah mempunyai grup khusus ? jika ada coba lihat di grupnya, banyak aktifitas dari banyak orang atau hanya sekedar banyak yang promosi saja ? Jika banyak aktifitas maka online shop tersebut bisa di percaya jika yang berkomentarnya menggunakan facebook asli bukan facebook bakan.
  5. Harap diperhatikan online shop terpercaya tidak akan menghubungi via telphone untuk mentransfer product yang telah diorder karena cukup dengan via sms saja dengan tujuan untuk mengingatkan.

Berikut alasan penipuan tersebar di facebook :
  1. Facebook adalah tempat berkumpulnya dari yang - muda sampai yang tua, dan seharinya lebih dari 1 juta orang yang online di facebook, itu alasan kenapa penipuan tersebar di facebook.
  2. Facebook sangat mudah membuat akunnya juga karena facebook tidak memungut biaya kepada pengguna alias gratis bahkan dapat digunakan dengan gratisan juga dengan akses o.facebook.com
  3. Setelah melakukan penipuan tinggal tutup akun saja dan buat yang baru dengan begitu dapat menghilangkan jejak dengan mudah.

Sepertinya sampai disini dulu postingan kali ini, mudah - mudahan dengan sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk sobat pengunjung setia Planet Abisefert.


4.5

No comments:

Post a Comment

Teriakasih sudah memberikan komentar yang baik di blog ini.
Jangan lupa berkunjung kembali dan tinggalkan komentarnya lagi ya !!!!